MATERI PEMBELAJARAN – Strategi Implementasi Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
1. Mengenal
Strategi Implementasi Bisnis
1.Dalam
berbisnis, pasti kita harus selalu sigap dalam menghadapi segala hal yang akan
datang yang akan menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Salah satunya
menggunakan cara Strategi Implementasi Bisnis. Strategi Implementasi Bisnis
merupakan penerapan strategi termasuk dalam tahapan manajemen strategi dalam
berbisnis, hal ini melibatkan penggunaan kemampuan manajerial, administratif
dan persuasif dalam segala tindakan yang akan dilakukan. Beberapa tujuan
diantara lain dari Strategi Implementasi Bisnis yaitu mendapatkan umpan
balik, laporan kemajuan dari strategi atau rencana yang sudah dilakukan sesuai
dengan target.
Implementasi Strategi merupakan sebuah rencana
strategis dalam beberapa tindakan guna mencapai tujuan yang diinginkan.Rencana
strategi bisnis, biasanya berisi langkah-langkah dan proses secara rinci yang
diperlukan untuk mencapai tujuan pada perusahaan atau instansi. Selain
mempersiapkan Strategi Implementasi Bisnis, pelaku bisnis juga perlu
mempersiapkan Perencanaan Bisnis dan Analisa Bisnis.
2. Rancangan
Strategi Implementasi Bisnis
Selain itu dalam Strategi Implementasi Bisnis
terdapat rancangan dalam melakukan Strategi Implementasi Bisnis. Perusahaan
harus mencakup beberapa Rancangan dalam Strategi Implementasi Bisnis sebagai berikut.
A. Cara
Mengembangkan Bisnis
Dalam melakukan strategi bisnis, kita harus
mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan atau menumbuhkan bisnis yang
sedang kita lakukan. Kita juga harus berorientasi untuk mengembangkan bisnis di
masa mendatang. Pastinya kita sudah mempersiapakan Visi, Misi dalam perusahaan,
Dan kita harus mengimplementasikan bisnis sesuai dengan Visi dan Misi yang
sudah dirancang sebelumnya.
B. Cara
Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Pelanggan merupakan inti dalam berbisnis, dan
merupakan prioritas terbesar dalam perumusan rencana strategi dalam
berbisnis.Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, kita harus melakukan analisa
kebutuhan pelanggan terlebih dahulu, kemudian jika kita sudah mengetahui apa
yang dibutuhkan oleh pelanggan atau konsumen, kita dapat lebih maksimal dalam
mempersiapkan atau membuat pelanggan loyal kepada barang atau jasa
yangperusahaan kita berikan.
C. Mengetahui
Cara Bersaing dengan Bisnis Lainnya
Persaingan dalam dunia bisnis pasti akan
selalu ada, oleh karena itu kita pun harus mengetahui dan mengantisipasi
persaingan di masa mendatang. Cara yang tepat yaitu dengan melakukan strategi implementasi
bisnis yang tepat pula, sehingga perusahaan memiliki kemampuan untuk menghadapi
persaingan pasar dengan baik dan tepat.
D. Siap
Dengan Perubahan Pada Pasar
Segala hal dapat terjadi di dalam kehidupan,
begitu pula dengan bisnis. Perkembangan teknologi yang terus menjadi lebih
canggih, bisnis yang kita lakukan pula harus siap dengan perubahan yang akan
terjadi pada pasar. Seperti Kondisi pasar atau tren baru akibat beberapa faktor
yang mungkin dapat mempengaruhi performa perusahaan. Oleh karena itu pula
dengan strategi yang sudah dirumuskan tadi bisa membantu perusahaandalam
menghadapi perubahan pada pasar. Sehingga tetap bisa bekerja dengan optimal dan
bertahap dengan kondisi apapun.
3. Langkah-langkah
Strategi Implementasi Bisnis
Dalam melakukan Strategi Implementasi Bisnis
terdapat langkah-langkah dalam Strategi Implementasi Bisnis, beberapa
langkah-langkah tersebut mencankup beberapa hal berikut ini:
Perusahaan
harus mempersiapkan dan membuat rumusan strategi implementasi bisnis yang
berorientasi pada pengembangan bisnis yang akan terjadi di masa mendatang.
Rumusan strategi harus sinkron atau selaras dengan visi yang sudah dirancang
pada saat membangun perusahaan.
Perusahaan
harus mengutamakan kepuasan pelanggan, karena pelanggan merupakan prioritas
dalamberbisnis.
Perusahaan
harus siap dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa mendatang,
termasuk
menghadapi
perubahan pada pasar, maupun tantangan dari kompetitor bisnis yang
lainya.Perusahaan harus baik dan tepat dalam mengelola setiap bagian fungsional
guna mengembangkan kapabilitas bisnisnya.
4. Masalah
yang terjadi dalam Strategi Implementasi Bisnis
Dalam melakukan kegiatan bisnis, maupun
implementasi dari Strategi Bisnis pasti terdapat kemungkinan akan terjadi
masalah, biasanya permasalahan tersebut terjadi karena Proses Implementasi
Strategi Bisnis yang tidak dirancang dan didefinisikan dengan baik. Hal itu
dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian sehingga dapat menjadi sumber
masalah dan tidak mencapai visi yang sudah dirancang. Oleh karena itu semua
yang berperan dalam perusahaan atau bisnis harus mempersiapkan Strategi Implementasi
Bisnis yang baik, selain itu juga karyawan harus dilatih dengan baik sehingga
proses bisnis dalam perusahaan dapat berjalan dengan sukses.
5. Analisis
SWOT
Analisa SWOT merupakan sebuah cara yang
sederhana namun sangat membantu dalam melakukan Strategi Implementasi Bisnis.
Dan juga untuk mengembangkan bisnis supaya dapat menjadi lebih baik lagi. SWOT
ialah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities
(peluang), dan Threats (ancaman).
Strength (kekuatan)
dan Weakness (Kelemahan) adalah berasal dari faktor internal perusahaan,
termasuk
siapa yang ada di dalam tim, dan manajemen
dalam perusahaan.
Sedangkan untuk Opportunities (peluang),
dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis pada
perusahaan, seperti hal-hal yang terjadi diluar perushaan, termasuk pasar.
Yaitu bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan menjaga perushaan
dari ancaman. Seperti contoh berikut ini adalah analisa SWOT pada Gojek.
A.
Strength (Kekuatan)
Model
bisnisnya sangat efisien
Jumlah
pengemudi banyak
Mudah
diduplikasi di area lain
Buka
banyak pekerjaan
B. Wekaness
(Kelemahan)
Perusahaan
memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada pengemudi
Proses
bisnis tidak dapat berjalan tanpa akses internet yang memadai
C. Opportunities
(Peluang)
Dapat
merambah ke sektor usaha lain
Mudah
untuk menggaet pihak-pihak strategis
Akses
pasar bagi kaum milenial terbuka lebar
D. Threats
(Ancaman)
Peraturan
hukum belum matang dan dapat berubah nanti
Ada
seluruh masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan
No comments:
Post a Comment