1.
Mengenal Prosedur Kepuasan Pelanggan Prosedur merupakan tindakan atau aksi spesifik yang harus
dijalankan atau di terapkan secara teratur agar mendapatkan hasil yang
sesuai. Sedangkan Kepuasan merupakan rasa senang, dan rasa bahagia yang biasanya
di dapatkan karena mendapatkan sesuatu yang di inginkan, Menurut hansemark dan albinsson (2004), “kepuasan adalah
keseluruhan sikap pelanggan terhadap penyedia layanan, atau reaksi emosional
terhadap perbedaan antara apa yang pelanggan antisipasi dan apa yang mereka
terima, mengenai pemenuhan beberapa kebutuhan, tujuan atau keinginan”. “Prosedur Kepuasan Pelanggan merupakan suatu tindakan atau
serangkaian aksi yang dilakukan untuk memenuhi atau memberikan layanan barang
atau jasa yang baik untuk pelanggan”. Menurut Djaslim Saladin (2003), kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2007:177) yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Swasta dan Handoko (dalam Adnan,2019), Prilaku konsumen adalah Sebagai kegiatan individu yang secara langsung telibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan dan persiapan penentu kegiatan-kegiatan tersebut. Sebelum melakukan
prosedur kepuasan pelanggan, teman-teman sepertinya harus mengetahui terlebih
dahulu mengenai, Analisa Kebutuhan Pelanggan, ya analisa kebutuhan pelanggan
juga sangat penting dalam membantu untuk memenuhi Kepuasan Pelanggan. 2.
Indikator Kepuasan Pelanggan Setelah mengetahui basic tentang Prosedur Kepuasan Pelanggan,
berikut ini yaitu Indikator dalam Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis yang
dijalankan. A. Produk yang
Berkualitas Dalam bisnis, terlebih memberikan barang atau produk, untuk
memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan perusahaan harus memberikan produk yang
berkualitas. Karena dengan produk yang berkualitas, dapat memberikan kepuasan
kepada pelanggan. B. Pelayanan yang
Berkualitas Berikutnya setelah Produk yang berkualitas, terdapat Pelayanan
yang berkualitas. Jika produk yang diberikan perusahaan sudah memiliki
kualitas yang baik. Maka jika kita menambah Pelayanan yang Berkualitas dapat
dipastikan bahwa pelanggan mendapat kepuasan dari produk atau layanan yang diberikan
perusahaan. C. Harga Pokok / Jasa Biasanya pelanggan begitu menginginkan harga yang cenderung
murah, kita dapat memberikan harga yang terjangkau kepada pelanggan, dan juga
dapat memberikan harga yang lebih tinggi asalkan Pelayanan dan Produk yang
kita berikan memiliki kualitas yang baik. D. Kemudahan Dalam
Mengakses Produk / Jasa Kemudahan Dalam Mengakses Produk/Jasa maksudnya bagaimana?
Jika kita memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mengkases atau
menjangkau produk / Jasa yang kita berikan, maka kepuasan pelanggan bisa di
dapatkan. Seperti dalam membeli barang secara online, gratis ongkir dan
pengiriman cepat. atau jika kita memberikan jasa maka mendapatkan diskon
ataupun bonus jasa dan lain sebagainya. E. Cara Iklan / Promosi
Produk E.Berikutnya
yaitu adalah indikator cara melakukan iklan atau promosi pada produk atau
jasa yang diberikan oleh perusahaan. Jika anda melakukan iklan pada media
sosial ataupun pada jasa iklan lainya, pastikan anda memberikan iklan yang
jujur mengenai barang atau jasa yang anda berikan. Guna Menghindari
kekecewaan dari pelanggan, selain itu jika anda jujur dan barang / jasa
berkualitas, maka dapat membantu memenuhi kepuasan pelanggan. 3.
Cara Mengetahui Kepuasan Pelanggan Setelah
melakukan penjualan barang atau jasa kepada pelanggan, kita pun penasaran
bagaimana respon dari pelanggan yang telah membeli produk atau jasa yang
perusahaan sediakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk Mengetahui
Kepuasan Pelanggan. Perusahaan dapat menghubungi kembali
pelanggan setelah selesai melakukan proses pembelian barang atau jasa,
seperti bertanya mengenai kualitas produk atau sebagainya. Perusahaan dapat mendengar Kritik, Saran,
serta keluhan dari pelanggan sangat penting dalam mendukung untuk Mengetahui
Kepuasan Pelanggan, karena dari kritik, saran dan keluhan dari pelanggan dapat
membantu perusahaan dalam memperbaiki produk atau jasa yang disediakan oleh
perusahaan. Perusahaan dapat menyediakan survey untuk
pelanggan yang sudah membeli Produk atau Barang dan Jasa, sehingga dengan
pelanggan melakukan pengisian pada survei kita dapat memberikan keputusan yang
baik demi produk atau jasa pada perusahaan. MEDIA
PEMBELAJARAN
Youtube
: https://youtu.be/pmkZGb3rUv4
Laptop
LCD
Proyektor/InFocus ASESMEN Asesmen Diagnostic Kognitif Essay Materi :
Strategi Implementasi Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi 1.
Menurut pendapatmu, apa yang dimaksud dengan
Strategi Implementasi Bisnis ? 2.
Jelaskan bagaimana cara mengembangkan Bisnis ! 3.
Jelaskan bagaimana cara memenuhi kebutuhan Pelanggan
! 4.
Jelaskan langkah-langkah membuat Strategi Implementasi
Bisnis ! 5.
Sebutkan beberapa masalah yang terjadi dalam
Strategi Implementasi Bisnis ! RUBRIK PENILAIAN
Pertemuan 7 dan 12 Asesmen Diagnostik
Keterampilan A. Judul Kegiatan :
Memberikan contoh kepuasan pelanggan
pada sebuah perusahan IT B. Jenis Kegiatan : Kelompok C. Tujuan : Peserta didik dapat Memberikan contoh kepuasan
pelanggan pada sebuah
perusahaan IT D. Langkah-langkah Kegiatan: 1.
Bentuklah kelompok
yang terdiri dari 3-4 orang! Ketua Kelompok : ……………………….…… Anggota : 1. …………………………… : 2.
…………………………… : 3.
…………………………… 2.
Carilah di Internet
bersama kelompok mu kepuasan pelanggan pada perusahaan IT 3.
Diskusikan bersama
kelompokmu terhadap isi dari kepuasan pelanggan pada perusahaan IT 4.
Presentasikan hasil
diskusi mu di depan kelas! RUBRIK PENILAIAN
NA = (Skor yang diperoleh siswa/ Jumlah skor
maksimal) x 100 Asesmen Diagnostik Non Kognitif Refleksi Pembelajaran Siswa
Keterangan
Refleksi Refleksi Guru b.
Apakah
ada kendala pada kegiatan pembelajaran? c.
Apakah
semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran? d.
Apa
saja kesulitan siswa yang dapat diidentifikasi pada kegiatan pembelajaran? e.
Apakah
siswa yang memiliki kesulitan ketika berkegiatan dapat teratasi dengan baik f.
Apa
level pencapaian rata-rata siswa dalam kegiatan pembelajaran ini? g.
Apakah
seluruh siswa dapat dianggap tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran? h.
Apa
strategi agar seluruh siswa dapat menuntaskan kompetensi? Refleksi
Siswa a.
Apa
yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini? b.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? c.
Kepada
siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini? d.
d. |
No comments:
Post a Comment