1. Mengenal
Prosedur Kepuasan Pelanggan
Prosedur merupakan tindakan atau aksi spesifik
yang harus dijalankan atau di terapkan secara teratur agar mendapatkan hasil
yang sesuai. Sedangkan Kepuasan merupakan rasa senang, dan rasa bahagia yang biasanya
di dapatkan karena mendapatkan sesuatu yang di inginkan,
Menurut hansemark dan albinsson (2004),
“kepuasan adalah keseluruhan sikap pelanggan terhadap penyedia layanan, atau
reaksi emosional terhadap perbedaan antara apa yang pelanggan antisipasi dan
apa yang mereka terima, mengenai pemenuhan beberapa kebutuhan, tujuan atau
keinginan”.
“Prosedur Kepuasan Pelanggan merupakan suatu
tindakan atau serangkaian aksi yang dilakukan untuk memenuhi atau memberikan
layanan barang atau jasa yang baik untuk pelanggan”.
Sebelum melakukan
prosedur kepuasan pelanggan, teman-teman sepertinya harus mengetahui terlebih dahulu
mengenai, Analisa Kebutuhan Pelanggan, ya analisa kebutuhan pelanggan juga
sangat penting dalam membantu untuk memenuhi Kepuasan Pelanggan.
2.
Indikator Kepuasan Pelanggan
Setelah mengetahui basic tentang Prosedur
Kepuasan Pelanggan, berikut ini yaitu Indikator dalam Kepuasan Pelanggan untuk
Bisnis yang dijalankan.
A. Produk
yang Berkualitas
Dalam bisnis, terlebih memberikan barang atau
produk, untuk memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan perusahaan harus memberikan
produk yang berkualitas. Karena dengan produk yang berkualitas, dapat memberikan
kepuasan kepada pelanggan.
B. Pelayanan
yang Berkualitas
Berikutnya setelah Produk yang berkualitas,
terdapat Pelayanan yang berkualitas. Jika produk yang diberikan perusahaan
sudah memiliki kualitas yang baik. Maka jika kita menambah Pelayanan yang Berkualitas
dapat dipastikan bahwa pelanggan mendapat kepuasan dari produk atau layanan
yang diberikan perusahaan.
C. Harga
Pokok / Jasa
Biasanya pelanggan begitu menginginkan harga
yang cenderung murah, kita dapat memberikan harga yang terjangkau kepada
pelanggan, dan juga dapat memberikan harga yang lebih tinggi asalkan Pelayanan dan
Produk yang kita berikan memiliki kualitas yang baik.
D. Kemudahan
Dalam Mengakses Produk / Jasa
Kemudahan Dalam Mengakses Produk/Jasa
maksudnya bagaimana? Jika kita memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam
mengkases atau menjangkau produk / Jasa yang kita berikan, maka kepuasan pelanggan
bisa di dapatkan. Seperti dalam membeli barang secara online, gratis ongkir dan
pengiriman cepat. atau jika kita memberikan jasa maka mendapatkan diskon
ataupun bonus jasa dan lain sebagainya.
E. Cara
Iklan / Promosi Produk
E.Berikutnya yaitu adalah indikator cara
melakukan iklan atau promosi pada produk atau jasa yang diberikan oleh
perusahaan. Jika anda melakukan iklan pada media sosial ataupun pada jasa iklan
lainya, pastikan anda memberikan iklan yang jujur mengenai barang atau jasa
yang anda berikan. Guna Menghindari kekecewaan dari pelanggan, selain itu jika
anda jujur dan barang / jasa berkualitas, maka dapat membantu memenuhi kepuasan
pelanggan.
3.
Cara Mengetahui Kepuasan Pelanggan
Setelah melakukan penjualan barang atau jasa kepada
pelanggan, kita pun penasaran bagaimana respon dari pelanggan yang telah
membeli produk atau jasa yang perusahaan sediakan. Berikut ini adalah beberapa
cara untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan.
- Perusahaan dapat menghubungi kembali pelanggan setelah selesai melakukan proses pembelian barang atau jasa, seperti bertanya mengenai kualitas produk atau sebagainya.
- Perusahaan dapat mendengar Kritik, Saran, serta keluhan dari pelanggan sangat penting dalam mendukung untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan, karena dari kritik, saran dan keluhan dari pelanggan dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan.
- Perusahaan dapat menyediakan survey untuk pelanggan yang sudah membeli Produk atau Barang dan Jasa, sehingga dengan pelanggan melakukan pengisian pada survei kita dapat memberikan keputusan yang baik demi produk atau jasa pada perusahaan.
No comments:
Post a Comment